Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

2023-08-16 15:39:19

Tasikmalaya- Rabu, 16 Agustus 2023. Dilaksanakan acara Rapat Paripurna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Pj Wali Kota Tasikmalya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, perwakilan Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Pada live streaming yang ditayangkan diseluruh saluran televisi nasional ini terbagi menjadi dua agenda. Agenda pertama pada pukul 09.00 WIB ditayangkan Pidato presiden RI pada siding tahunan MPR RI dan siding bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023.

Sedangkan agenda kedua yaitu pada pukul 13.00 WIB yang menayangkan pidato presiden RI dalam rangka penyampaian RUU APBN Tahun 2024 beserta nota keuangannya.

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan salah satu pesan dalam pidatonya bahwa tanggung jawab menjadi presiden tidaklah mudah, dengan adanya media sosial seperti saat ini apapun bisa disampaikan kepada presiden. Namun ia sangat menyayangkan bahwa budaya santun dan budi pekerti luhur bangsa ini mulai hilang.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6% di 2022. Menaikkan Indeks Pembangunan Manusia menjadi 72,9 di 2022. Menaikkan Indeks Pemberdayaan Gender menjadi 76,5 di 2022. Menyiapkan anggaran perlindungan sosial, total sebesar Rp 3.212 T dari thn 2015 – 2023, termasuk didalamnya KIS, KIP, KIP Kuliah, PKH, Kartu Sembako serta perlindungan kepada lansia, penyandang disabilitas & kelompok rentan lainnya Serta re-skilling & up-skilling tenaga kerja melalui Balai Latihan Kerja & Program Kartu Pra-Kerja.”

Diketahui pada kesempatan ini, Presiden RI, Joko Widodo mengenakan pakaian adat Panimbar, Provinsi Maluku.