Talkshow dan Launching Kampung Moderasi Beragama

2023-07-26 15:16:14

Tasikmalaya- Rabu, 26 Juli 2023 dilaksanakan acara Talkshow dan Launching Kampung Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kota Tasikmalaya di Hotel City Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Unsur Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Perwakilan Kejaksaan, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kasdim, Perwakilan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya.

Diketahui Kota Tasikmalaya memiliki 18 etnis dan memiliki 6 agama (islam dengan 1275 masjid dan 217 mushola, katholik dengan 1 gereja, protestan dengan 16 gereja, budha dengan 1 vihara, hindu dan konghucu).

Untuk wilayah Kota Tasikmalaya yang terpilih menjadi Kampung Moderasi Beragama yaitu Kelurahan Nagarawangi Kecamtan Cihideung dan Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang. Kedua kelurahan ini terpilih atas penilaian Pokja Kampung Moderasi Beragama yang terdiri dari Unsur Kemenag, KUA, Penyuluh Agama Islam, FKUB, serta Ormas Lintas Agama dan Budaya.

Sekretasi Daerah Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa Program Penguatan Moderasi Beragama ini merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kemenag. Pada hakikatnya moderasi beragama merupakan Upaya kita dalam meningkatkan pemahaman tentanhg wawasan kebangsaan dan komitmen bahwa bangsa ini dalam naungan Pancasila dan Undang-Undang 1945.

Ia juga menyampaikan bahwa heterogenitas masyarakat Kota Tasikmalaya ini diibaratkan Bagai dua mata pisau, di satu sisi rentan terhadap konflik karena perbedaan, di satu sisi dapat meningkatkan toleransi dan kemauan masyarakat berubah menjadi lebih baik lagi yang dapat dimanfaatkan untuk membangun Kota Tasikmalaya.