SELEKSI TILAWATIL QUR'AN DAN HADITS (STQH) XVIII PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2023

2023-05-10 16:54:50

Bandung-Sebanyak 460 peserta mengikuti Lomba Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) yang dilaksanakan di Kota Bandung mulai tanggal 7-13 Mei 2023 mendatang. 

Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) merupakan lomba yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah dan Kementerian Agama baik dari tingkat Kab/kota, Provinsi dan Nasional. Pada tahun ganjil dilaksanakan lomba membaca dan memahami Al-quran dan Hadits dengan sebutan STQH, sementara di tahun genap dilaksanakan MTQ. Perbedaan keduanya ada pada waktu penyelenggaraannya dan cabang lombanya, MTQ lebih banyak (lengkap) sementara di STQH terbatas pada cabang/golongan tertentu saja. Ada empat cabang lomba dalam STQH, yaitu Seni baca Alquran, Hafalan Alquran, Tafsir Alquran, dan Musabaqah Al-Hadits. 

Diketahui dari peserta yang berjumlah 460 orang dan 270 ofisial ini berasal dari 27 kabupaten-kota se-Jawa Barat yang terdiri dari empat kategori dan satu eksebisi. Lomba ini dilaksanakan di beberapa titik lokasi di Kota Bandung. Di antaranya Hotel Mercure Nexa dan Pusat Dakwah Agama Islam (PUSDAI).

Kafilah STQH Kota Tasikmalaya yang mengikuti STQH Tingkat Jawa Barat berjumlah 20 orang peserta dan 16 orang pembina. Pada penyelenggaraan STQH tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021 yang lalu Kota Tasikmalaya meraih peringkat ke-9. 

Pada rangkaian acara ini dilaksanakan juga santunan dan dukungan untuk para peserta dari setiap perwakilan OPD di Kota Tasikmalaya.