UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DIRANGKAIKAN DENGAN PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH KE-27 TAHUN 2023 TINGKAT KOTA TASIKMALAYA

2023-05-02 12:39:35

Tasikmalaya – Selasa, 2 Mei 2023 bertempat di Halaman Bale Kota Tasikmalaya dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 tingkat Kota Tasikmalaya. Upacara ini dipimpin langsung oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya.

Turut hadir pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi di wilayah Kota Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Tasikmalaya disampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir telah terjadi perubahan besar di dunia Pendidikan, dan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara yaitu Pendidikan yang menuntun bakal, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Oleh karena itu, diharapkan Hari Pendidikan Nasional ini dapat disemarakkan dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekaaan.

Sedangkan terkait Peringatan Hari Otonomi Daerah, Pj. Wali Kota menyampaikan himbauan dari Menteri Dalam Negeri untuk menekankan penerapan otonomi daerah harus mampu memberikan implikasi yang baik bagi pemerintah daerah. Salah satunya ialah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

Melalui momentum Peringatan Hari Otonomi Daerah ini pula, Pj. Wali Kota mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menerapkan core Value ASN BerAKHLAK.

Pada kegiatan ini, diserahkan pula penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi di Kota Tasikmalaya dan ditutup dengan penampilan tari Tradisional dari siswi SMPN 1 Kota Tasikmalaya & SMPN 2 Kota Tasikmalaya serta para guru penggerak.