FORUM KONSULTASI PUBLIK PENDATAAN REGSOSEK TINGKAT KELURAHAN SE-KOTA TASIKMALAYA

2023-04-14 12:41:42

Tasikmalaya - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tasikmalaya menggelar rapat pelaksanaan Forum Konsultasi publik pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tingkat kelurahan se-Kota Tasikmalaya, bertempat di Aula Bale Kota Tasikmalaya. Jumat, (14/4/2023).

Turut hadir, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya, Camat dan lurah se-kota Tasikmalaya, dan Kepala BPS Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M. E. mengatakan data regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagai pakai lintas lembaga juga lintas daerah, untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Kelurahan.

Sebelum dirilis, data hasil regsosek ini terlebih dahulu di uji publik melalui kegiatan forum konsultasi publik (FKP) yang merupakan perlibatan partisipasi masyarakat. Pada tanggal 17-18 April 2023 mendatang akan dilaksanakan rapat koordinasi fasilitator yang merupakan langkah awal sebelum dilaksanakan Forum Konsultasi Publik yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-19 Mei 2023 di tiap kelurahan.

Ia berharap dengan adanya Forum Konsultasi Publik mampu menjadi sarana diskusi bersama antara BPS, Pemerintah, maupun masyarakat sehingga hasil pendataan yang dilakukan dapat mewakili potret data terbaru. Ia juga mengingatkan kepada para camat dan lurah sebagai garda terdepan dan terdekat dengan masyarakat untuk betul-betul serius dan jeli dalam melaksanakan Forum Konsultasi Publik tersebut.