APEL PAGI YANG DIRANGKAIKAN DENGAN PENANDATANGANAN MOU DAN PERJANJIAN KERJA SAMA ANTARA DISDUKCAPIL DENGAN BEBERAPA FASILITAS KESEHATAN DI KOTA TASIKMALAYA SEKALIGUS PENYALURAN BANTUAN ASISTENSI REHABILITASI SOSIAL (ATENSI) DARI KEMENTERIAN SOSIAL RI

2023-03-20 10:04:45

Tasikmalaya – Senin, 20 Maret 2023 bertempat di Halaman Bale Kota Tasikmalaya Apel Pagi yang dirangkaikan dengan Penandatanganan MOU dan Perjanjian Kerja Sama “Pelayanan Penerbitan Perubahan Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran Bayi Baru Lahir” antara Disdukcapil dengan Beberapa Fasilitas Kesehatan di Kota Tasikmalaya sekaligus Penyaluran Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Dari Kementerian Sosial RI.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, dan para Pimpinan Rumah Sakit serta Pimpinan Klinik di wilayah Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya mengapresiasi Disdukcapil Kota Tasikmalaya yang telah menjalin kejasama dengan beberapa Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan (Klinik) di Kota Tasikmalaya terkait Pembuatan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan yang diberi nama “PANDA BINANGKIT”.

Inovasi PANDA BINANGKIT ini nantinya akan diperuntukan bagi ibu bersalin yang apabila telah melahirkan akan mendapatkan dokumen kependudukan berupa perubahan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, dengan catatan hanya diperuntukan bagi ibu yang berdomisli di Kota Tasikmalaya saja.

Selanjutnya dilaksanakan secara simbolis penyaluran bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di tiap kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya yang merupakan wilayah kerja Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL).

Pj. Wali Kota berharap apa yang disalurkan dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Tasikmalaya yang menerima. Tidak hanya itu kesempatan membantu masyarakat yang membutuhkan terbuka seluas-luasnya bagi siapa saja termasuk bagi para pegawai atau ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya salah satunya melalui program BAGEUR yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.