SOSIALISASI TENTANG NILAI-NILAI DASAR BPK-RI

2023-03-02 17:38:29

Tasikmalaya-Kamis, 2 Maret 2023. Bertempat di Ruang Aula Balekota Tasikmalaya, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. menghadiri kegiatan Sosialisasi Tentang Nilai-Nilai Dasar BPK-RI. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Pejabat Pimpinan Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Kasub AUD Jawa Barat 2, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa sistem akuntasi yang dipakai di Pemerintah Kota Tasikmalaya adalah mempergunakan single sistem yaitu Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pertanggungjawaban. Beliau juga menambahkan bahwa penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tasikmalaya kepada BPK-RI direncanakan pada tanggal 8 maret 2023 dan saat ini sedang tahapan/proses review oleh inspektorat Kota Tasikmalaya.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi informasi yang berharga sekaligus meningkatkan pemahaman Pemerintah Daerah Khususnya Pemerintah Kota Tasikmalaya terhadap tugas pokok dan fungsi BPK, dimana kristalisasi moral yang melekat pada diri setiap Anggota BPK dan Pemeriksa menjadi sebuah patokan dan cita-cita yang ideal dalam melaksanakan tugas pemeriksaan yang terdiri dari independensi, integritas dan profesionalisme.