PENYERAHAN BANTUAN MASKER UNTUK WARGA DI WILAYAH KECAMATAN CIHIDEUNG

2020-04-21 14:46:28

Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman menyerahkan bantuan masker untuk warga di wilayah Kecamatan Cihideung. Bantuan yang diterima secara simbolis oleh Camat Cihideung sebanyak 6.000 masker untuk 6 Kelurahan. Turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan, unsur Muspika, unsur MUI Kecamatan perwakilan dari tiap kelurahan di wilayah Kecamatan Cihideung dan perwakilan BPBD Kota Tasikmalaya. Aula Kantor Kecamatan Cihideung, Selasa 21 April 2020.

Budi menyampaikan bahwa saat ini angka sebaran positif COVID-19 tertinggi di Kota Tasikmalaya saat ini adalah Wilayah Kecamatan Cihideung dengan angka mencapai 9 positif COVID-19. Jumlah positif COVID-19 di Kota Tasikmalaya secara keseluruhan saat ini sudah mencapai 29 orang, 22 dari hasil RDT (Rapid Diagnostic Test) dan 7 dari hasil Swab Test / PCR (Polymerase Chain Reaction).
“Ini harus menjadikan keseriusan bagi kita semua di lapangan, bagaimana kita memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman.” ujar Budi.
Budi menambahkan pentingnya kerjasama dari semua pihak dalam proses penanganan wabah COVID-19, pemerintah dengan Tim Gugus Tugas telah melakukan beberapa upaya penanganan dan pencegahan. Diantaranya dengan menyiapkan ruang isolasi, penanganan pasien, edukasi kepada masyarakat baik dalam bentuk himbauan maupun surat edaran.
“ Yang paling penting sekarang, bagaimana kita bisa menahan laju penyebaran. Kalau melihat grafik, ini trend nya masih naik” tambah Budi.

Budi mengharapkan dengan keterbatasan yang ada, baik tenaga medis, APD dan lainnya hal ini dapat diimbangi dengan penekanan laju penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga timbul kesadaran dari masyarakat untuk mau mentaati himbauan dan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker dimanapun berada, penerapan PHBS, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir, dan tetap tinggal di rumah jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak.