Gelar Pangan Murah atau Operasi Pasar Murah Kota Tasikmalaya

2022-08-08 16:05:02

Senin, 08 Agustus 2022 bertempat di Alun-Alun Indihiang Kota Tasikmalaya. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya bersama DKPP Jawa Barat, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, serta Badan Urusan Logistik (BULOG) melaksanakan acara atau Gelar Pangan Murah atau Operasi Pasar Murah.

Turut hadir dalam acara, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKPP Jawa Barat, Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya, Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Bidang Ketahanan Pangan DKP3 serta tamu undangan lainnya.

Acara Gelar Pangan Murah ini dilaksanakan dalam rangka sinergi bersama dalam stabilisasi pasokan dan harga pangan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 08 hingga 10 Agustus di tiga tempat berbeda, yakni Alun-Alun Indihiang, Lapangan Karangsambung dan Halaman Kantor Kecamatan Tamansari. Gelar Pangan Murah ini menyediakan sembako dan bahan pangan rumah tangga lainnya dengan harga yang relatif murah karena stok yang dijual langsung dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ciwidey, Bandung sehingga memutus mata rantai distribusi.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh perwakilan DKPP Jabar, disampaikan bahwa cadangan pangan Jawa Barat tahun ini sebanyak 1300 ton cadangan beras. Ia berharap kegiatan ini menjadi salah satu indikator kecukupan pangan masyarakat dan elemen penting terhadap pencegahan inflasi serta diharapkan dapat bersama-sama bersinergi dengan semua pihak demi menjaga dan memastikan ketersediaan pangan di Jawa Barat.