Pembinaan Forum Kota Sehat Kota Tasikmalaya

2024-09-05 15:23:29

Tasikmalaya - Senin 2 September 2024 bertempat di Aula Bapelitbangda dilaksanakan acara Pembinaan Forum Kota Sehat Kota Tasikmalaya.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Perwakilan Bappelitbangda, Perwakilan Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK, Anggota Forum Kota Sehat, dan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat.

Kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Untuk mewujudkan kota Tasikmalaya sehat pemerintah daerah telah menyiapkan strategi yang sejalan dengan pemerintah pusat. penyelenggaraan kota sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan dilaksanakan melalui "Forum" atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada.

Pelaksanaan forum pertemuan ini merupakan tindak lanjut daripada peraturan bersama menteri dalam negeri dan menteri kesehatan nomor 34 tahun 2005 dan nomor : 1138/MENKES/PB/VII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan kabupaten/kota sehat.

Kota Tasikmalaya pernah mendapat penghargaan yang merupakan bentuk apresiasi dari kementrian kesehatan dan kementerian dalam negeri. Pada tahun 2019 terjadi perubahan kebijakan untuk prasyarat verifikasi kota sehat yakni capaian akses sanitasi sebesar 80%. Sementara capaian kota Tasikmalaya baru 60%, sehingga tidak lolos verifikasi dan tidak mendapatkan penghargaan.

Tahun 2024 merupakan periode pembinaan KKS, untuk di verifikasi ditahun 2025. Salah satu langkah strategis di tahun 2024 ini adalah berupaya meng-ODF kan seluruh kecamatan dan kelurahan melalui kegiatan "Jawara ODF".

Sesuai dengan permintaan panitia, saya berharap forum pertemuan ini dapat bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk mulai bersinergi dari tingkat kelurahan, kecamatan, OPD/instansi dan sektor yang terkait untuk bersama sama bekerja keras dan bergotong royong dalam mewujudkan tatanan kawasan sehat yang lebih baik lagi di kota Tasikmalaya.