PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA MENGIKUTI LAUNCHING BERSAMA CSIRT GELOMBANG 3

2024-08-26 10:31:15

Depok – Kamis, 22 Agustus 2024, bertempat di Aula Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pemerintah Kota Tasikmalaya Mengikuti Launching Bersama CSIRT (Computer Security Incident Response Team) Gelombang 3.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, yang juga didampingi oleh pejabat tinggi BSSN lainnya, termasuk Wakil Kepala BSSN Komjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si dan Kepala Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel, S.Sos., M.M.Si.

Secara simbolis Surat Tanda Register TasikmalayaKota-CSIRT diserahkan oleh Kepala BSSN kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, H. Hanafi, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Kepala BSSN menegaskan pentingnya peran CSIRT dalam melindungi dan mengamankan Sistem Informasi Berbasis Elektronik serta data-data rahasia di lingkungan pemerintahan. CSIRT diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam menghadapi berbagai ancaman siber, serta memastikan bahwa keamanan dan kerahasiaan informasi tetap terjaga dengan baik di setiap instansi pemerintah, termasuk di Kota Tasikmalaya. Dengan terbentuknya Gov CSIRT ini, Pemerintah Kota Tasikmalaya siap menghadapi tantangan keamanan siber di masa depan demi menjaga integritas dan kedaulatan digital bangsa.

Pembentukan Gov CSIRT di Pemerintah Kota Tasikmalaya didasarkan pada Surat dari BSSN No. T.1249/BSSN/D3/PS.02.02/05/2023 yang menetapkan Kota Tasikmalaya sebagai salah satu instansi pemerintah daerah yang ditunjuk dalam Program CSIRT Tahun 2024. Penunjukan ini juga menempatkan Kota Tasikmalaya sebagai salah satu target Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Prioritas Nasional Tahun 2024.

Serangkaian tahapan penting telah dilalui oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), mulai dari instalasi sistem pertahanan siber hingga uji coba sistem tersebut. Semua ini dilakukan untuk memastikan bahwa Sistem Informasi Berbasis Elektronik (SIBE) yang ada dan digunakan di Pemerintah Kota Tasikmalaya dapat terlindungi dengan baik dari berbagai ancaman siber. Momen ini menjadi tonggak penting dalam upaya memperkuat keamanan siber di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi data dan informasi strategis di era digital ini.

Sebagai informasi, Acara Launching Bersama CSIRT ini dihadiri oleh 18 perwakilan dari berbagai lembaga dan pemerintah kabupaten/kota, antara lain:
1. Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang
2. Sekretaris Komisi Penyiaran Indonesia
3. Direktur Utama Rumah Sakit Universitas Indonesia
4. Bupati Sukabumi
5. Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya
6. Pj. Wali Kota Banda Aceh
7. Pj. Wali Kota Jayapura
8. Pj. Bupati Tuban
9. Pj. Wali Kota Bau Bau
10. Wakil Wali Kota Bukittinggi
11. Wakil Bupati Indragiri Hulu
12. Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Ambon
13. Kepala BPH Migas
14. Kota Magelang
15. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta
16. Kabupaten Banjar
17. Kabupaten Magelang
18. Kabupaten Tana Tidung