Peresmian Bantuan Program Paranje Tasik Kota Tasikmalaya

2024-07-30 14:54:12

Tasikmalaya - Selasa, 30 Juli 2024 bertempat di Kelompok Tani Sinarjaya Jaya, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Pj. Wali Kota Tasikmalaya menghadiri kegiatan Peresmian Bantuan Program Paranje Tasik Kota Tasikmalaya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan unsur Forkopimda, Kepala BI Tasikmalaya, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Camat Kawalu, Lurah Urug, 7 Ketua Kelompok Tani/ ternak, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., ME. menyampaikan bahwa Produksi daging ayam kampung di Kota Tasikmalaya sekitar 575,82 ton per tahun,sedangkan kebutuhan masyarakat Kota Tasikmalaya yaitu sebesar 6.005 kg per hari atau 2.191,8 ton per tahun. Karenanya budidaya ayam kampung sangat prospektif untuk dikembangkan.

Salah satunya melalui program Paranje, dimana dengan kandang berukuran 2 x 5 meter dapat menampung 750 ekor ayam, dengan komposisi pakan yang bervariasi, yaitu 45% pakan pabrikan, 40% maggot, dan 15% azolla.

Ia juga menyampaikan bahwa Program ini telah menunjukan keberhasilan melalui pengelolaan yang efisien dan inovatif. Pemberian pakan tambahan alternatif maggot dan azola tidak hanya menekan biaya pakan sebesar 42 %, tetapi juga membantu mengatasi masalah sampah organik di Kota Tasikmalaya.

Karena itu pemerintah, akan terus mendukung dan memfasilitasi pengembangan agribisnis di seluruh wilayah Kota Tasikmalaya, sehingga dapat mewujudkan visi bersama untuk menciptakan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan di Kota Tasikmalaya.