Deklarasi ODF Kelurahan dan Kecamatan di Kota Tasikmalaya

2024-07-16 19:05:47

Tasikmalaya – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Jawara Open Defecation Free (ODF) tahun 2024 dan upaya percepatan program ODF/ Bebas Buang Air Besar Sembarangan di Kota Tasikmalaya, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melaksanakan Deklarasi ODF Kelurahan dan Kecamatan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 15 dan 16 Juli 2024, dan dilaksanakan di Kecamatan masing-masing dengan mengundang seluruh Kelurahan di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini dipimpin oleh Asisten Daerah bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan di hadiri oleh Para Camat, Para Lurah, Kepala UPTD Puskesmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Satgas ODF, Kader, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 Kelurahan dari 4 Kecamatan yang menyatakan siap untuk Stop Buang Air Besar dan berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menyelesaikan masyarakat yang masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju masyarakat Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS). 4 Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Purbaratu, Cibeureum, Kawalu, dan Tamansari.

Dalam laporan kegiatan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Kesehatan Mayarakat drh. Nina Kurniada, MP, disampaikan bahwa 32 % masyarakat Kota Tasikmalaya masih membuang air besar sembarangan di sungai, selokan, serta kolam. Keadaan ini menyebabkan semakin meningkatnya angka kejadian penyakit berbasis lingkungan seperti diare, demam berdarah, TB Paru, Scabies, Cacingan, Typus bahkan dapat menyebabkan keadaan stunting pada anak-anak.

Sementara itu dalam sambutannya Asda 1 Kota Tasikmalaya Drs. H. Rachmat Riza Setiawan menyampaikan bahwa Kota Tasikmalaya telah melakukan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari tahun 2013 dengan pencapaian sampai dengan tahun 2023 akses jamban layak sebesar 68,07% dari target 100%.

Diharapkan dengan adanya deklarasi ini Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan didukung oleh berbagai stakeholder di Kota Tasikmalaya, dapat mempercepat Kota Tasikmalaya menjadi Kota Open Defecation Free (ODF) dan membantu pencapaian pembangunan sanitasi perkotaan yang aman dan berkelanjutan di Kota Tasikmalaya.