Peningkatan Kapasitas Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kota Tasikmalaya Tahun 2024

2024-06-27 12:31:58

Tasikmalaya – Kamis, 27 Juni 2024 dalam rangka respon cepat penanganan darurat bencana di wilayah Kota Tasikmalaya, bertempat di Aula Kantor BPBD Kota Tasikmalaya, BPDB Kota taikmalaya menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (SATGAS PB) BPBD Kota Tasikmalaya Tahun 2024.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Pelaksana BPDB Kota Tasikmalaya, Anggota Satgas Penanggulangan Bencana selaku peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Sekda Kota Tasikmalaya Dr. Ivan Dicksan H. M.Si menyampaikan Satgas PB telah menjadi garda terdepan dalam melaksanakan penanganan bencana bersama BPDB, baik dalam pra bencana, pada saat terjadi bencana, maupun pasca bencana. Oleh karena itu sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan penangangan bencana dalam membantu BPBD, tentunya anggota satgas harus dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan yang memadai sehingga dapat melaksanakan penanganan dengan baik.

Sepanjang tahun 2024 bencana yang terjadi di Kota Tasikmalaya sebanyak 133 kejadian yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Tasikmalaya, dengan warga yang terdampak sebanyak 302 KK dan 955 jiwa.

Karena itu beliau berharap melalui pelatihan penigkatan kapasitas ini dapat meminimalisir korban ketika bencana terjadi, tentunya dengan memperhatikan perhitungan dan bertimbangan, pengetahuan, keahlian, dan kesiapan fisik anggota satgas saat bertugas.

Sebagai informasi BPBD Kota Tasikmalaya telah membentuk Satgas PB sejak tahun 2015. dimana satgas ini merupakan bagian dari lembaga BPBD Kota Tasikmalaya dan sebagai mitra kerja dalam hal penanggulangan bencana di Kota Tasikmalaya.