KOORDINASI GUGUS TUGAS KOTA TASIKMALAYA KE SATUAN TUGAS PENANGANAN COVID-19 PUSAT

2020-08-18 16:28:04

Jakarta – Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Tingkat Kota Tasikmalaya melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat yang diterima langsung oleh Kepala BNPB sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo bertempat di Graha BNPB - Jl. Pramuka Kav. 38 Jakarta Timur, selasa 18 Agustus 2020.

Pada kesempatan itu, Drs. H. Budi Budiman yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPBD Kota Tasikmalaya menyampaikan upaya komprehensif penanganan covid-19 yang telah dilaksanakan serta perkembangan covid-19 di Kota Tasikmalaya, dimana saat ini Kota Tasikmalaya masih 5 pasien covid-19 dalam perawatan medis di RSUD Kota Tasikmalaya.

Adapun kendala yang dihadapi oleh Kota Tasikmalaya, diungkapkan H. Budi, bahwa Keberadaan RSUD Dr. Soekardjo yang merupakan Rumah Sakit Tipe B sampai saat ini belum memiliki mesin polymerase chain reaction (PCR), sehingga terjadi keterlambatan dalam hasil testing terhadap pasien yang diduga tertular atau menderita Covid-19, hal ini menjadi penghambat dalam tracking sebaran (cara untuk mendeteksi orang-orang yang berpotensi tinggi tertular virus dari pasien positif Covid-19) serta Treatment (penanganan/pengobatan) terhadap pasien.

Sementara itu, Letjen TNI Doni menjelaskan bahwa saat ini Kota Tasikmalaya masih berada di zona kuning dan penyebarannya covid-19 masih di level rendah, Ia pun berharap Kota Tasikmalaya bisa menjaga kondisi ini bahkan bisa menjadi zona hijau dan pihak Satgas Penanganan Covid-19 Pusat akan memprioritaskan bantuan Mesin PCR bagi RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Menindaklanjuti hasil kunjungan kerja tersebut, Walikota Tasikmalaya menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tasikmalaya yang akan terus berusaha dalam percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan kondisi perekonomian masyarakat seraya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menumbuhkan kesadaran pribadi dalam mengikuti protokol kesehatan di kondisi “new normal” saat ini, demi untuk kesehatan bersama seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya.