PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA MENERIMA PENGHARGAAN TPID KOTA KATEGORI INDEKS HARGA KONSUMEN (IHK) TERBAIK SE-JAWA BARAT TAHUN 2023

2023-11-30 14:46:57

Pada hari Rabu, 29 November 2023 bertempat di Bale Pasundan Kantor Bank Indonesia Jawa Barat, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 dengan tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”.


PTBI merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia dalam rangka penyampaian prospek ekonomi dan arah bauran kebijakan Bank Indonesia guna memastikan dan menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi kedepan. PTBI 2023 dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Forkopimda Jawa Barat, Bupati/Wali Kota se-jawa barat, OJK, perwakilan instansi vertikal, unsur perbankan, akademisi, asosiasi, pelaku usaha dan seluruh mitra kerja Bank Indonesia.


Pada kesempatan PTBI 2023 tersebut, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Bambang Pramono, menyampaikan bahwa Jawa Barat patut bersyukur atas kinerja baik pada triwulan III 2023 yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,57%. Hal tersebut didukung dengan stabilitas harga di Jawa barat yang sejalan dengan realisasi inflasi Oktober 2023 yang tercatat rendah sebesar 2,58%
(yoy).


Pada kegiatan tersebut di agendakan pula pemberian penghargaan dari Pemerintah provinsi Jawa Barat yang bekerjasama dengan Bank Indonesia Jawa barat kepada Kabupaten/Kota yang memiliki prestasi dalam pengendalian inflasi dan percepatan serta perluasan digitalisasi. Pada TAHUN 2023, Apresiasi Program Pengendalian Inflasi Unggulan (PINUNJUL) diberikan kepada kota cakupan penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK) dengan prestasi pengendalian inflasi terbaik yaitu Kota Tasikmalaya, Kota Depok, dan Kota Bandung. untuk kota di luar cakupan IHK dengan prestasi pengendalian inflasi terbaik, Penghargaan diberikan kepada Kabupaten. Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bogor, Kota Banjar dan Kabupaten Garut.

Atas Pencapaian sebagai terbaik I Kategori Kota dengan IHK terbaik, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak dan seluruh stakeholder terkait, terutama kepada Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya yang telah bersinergi melalui berbagai program pembangunan khususnya dalam upaya pengendalian inflasi.


Kedepannya upaya pengendalian inflasi akan kita tingkatkan kembali melalui berbagai program kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah diantaranya peningkatan infrastruktur pertanian dan perdagangan, pemberdayaan masyarakat, pengentasan kemiskinan, penurunan angka stunting serta melanjutkan program unggulan seperti apresiasi penghargaan Wali Kota Award kelompok sadar inflasi dan program Sejuta Tanaman Pangan Cegah Inflasi Kota Tasikmalaya (SETAMAN CINTA).