RAPAT KOORDINASI WILAYAH TPID SE-PRIANGAN TIMUR DENGAN TEMA KETAHANAN PANGAN UNTUK STABILITAS HARGA

2023-10-18 15:13:24

Tasikmalaya – Rabu 18 Oktober 2023 bertempat di Ballroom Hotel Aston In Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs. Ivan Dicksan H. M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah TPID Se-Priangan Timur dengan tema “Ketahanan Pangan Untuk Stabilitas harga”. Hadir dalam kegitan tersebut Sekda Kota Banjar, Sekda Kab. Tasikmalaya, Kadis Indag UMKM Kota Tasikmalaya, Kadis Pertanian Kota Tasikmalaya, Deputi Kepala BI Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam paparannya Sekda Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa Perkembangan Inflasi Kota Tasikmalaya dari Tahun 2018 hingga 2021 relatif kecil dan terkendali, dan senantiasa di bawah angka inflasi Provinsi Jawa Barat. Inflasi baik di Kota Tasikmalaya maupun di Provinsi Jawa Barat melonjak di tahun 2022 karena dampak tensi geo politik perang Rusia – Ukraina, yang mengakibatkan Inflasi Kota Tasikmalya naik dari 1,17% menjadi 6,65%. Namun di tahun 2023 Inflasi di Kota Tasikmalaya menurun, dan hingga bulan September 2023 nilai inflasi Kota Tasikmalaya berada di angka 2,96%.

Sekda Kota Tasikmalaya juga menyampaikan dalam upaya pengendalian Inflasi 2023 telah dilakukan beberapa cara, antara lain:
1. Rapat Koordinasi / High Level Meeting;
2. Inspeksi Mendadak/ sidak Ketersediaan Komoditas Barang ke Pasar Rakyat;
3. Operasi Pasar Bersubsidi/ Pasar Murah Rakyat/ Gelar Pangan Murah;
4. Gerakan Menanam (SETAMAN CINTA);
5. Kerjasama Antar Daerah (KAD);
6. Walikota Award Kelompok Sadar Inflas;
7. Informasi Harga Pangan;
8. Press Rilis Analisis Inflasi;
9. Pembekalan Petani Juara dan Tangguh pejuang Setaman Cinta;
10. Launching Operasi pasar Beras SPHP