Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kota Tasikmalaya

2023-09-29 14:19:21

Tasikmalaya – Jumat, 29 September 2023, dalam rangka meningkatkan bakat siswa bertempat di Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kota Tasikmalaya.

Turut hadir perwakilan anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tasikmalaya, Tim Penggerak PKK, Perwakilan Kepala Sekolah SD dan SMP di wilayah Kota Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Asda 2 Kota Tasikmalaya menyampaikan melalui perlombaan ini masyarakat dapat melihat bagaimana bahasa ini tetap hidup dan terus berkembang di kalangan generasi muda. Sehingga dapat meningkatkan semangat para siswa dalam mempelajari dan mendalami pengetahuan tentang bahasa Sunda, ditengaj kemajuan zaman.

Tidak lupa ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya untuk berusaha semaksimal mungkin agar budaya Sunda termasuk bahasa Sunda tidah hilang begitu saja, tetap terlindungi, terkonservasi, terlestarikan, agar lebuh kuat dan bermanfaat.

Sementara itu dalam keterangannya Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa Kegiatan ini terdiri dari tujuh cabang diantaranya, Biantara atau Pidato, Ngadongeng, Ngarang Carita Pondok, Nembang Pupuh, Maca Sajak, Maca Nulis Aksara Sunda, dan Ngobrol Sorangan. Yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP di Kota Tasikmalaya, dengan total peserta keseluruhan kurang lebih 463 peserta lomba.