Penyelenggaraan Job Fair di SMKN 1 Kota Tasikmalaya

2023-09-28 10:06:56

Tasikmalaya – Senin, 25 September 2023, bertempat di SMKN 1 Kota Tasikmalaya di selenggarakan Kegiatan Job Fair yang diikuti oleh 19 perusahaan. Turut hadir Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya, Kepala KCD Wilayah XII Jawa Barat, Ketua Kadin dan Hipmi Kota Tasikmalaya, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMKN 1 Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas, Penempatan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa semakin bertambahnya jumlah penduduk membawa akibat jumlah angkatan kerja yang semakin besar, sehingga semakin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan. Berdasarkan data BPS, tingkat pengangguran terbuka Kota Tasikmalaya dari tahun ke tahun semakin menurun, artinya keterserapan tenaga kerja di Kota Tasikmalaya sudah menunjukan perkembangan ke arah yang lebih baik.

Beliau juga menjelaskan bahwa masalah pengangguran yang terjadi selama ini disebabkan adanya ketidakseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja, serta kurangnya informasi yang disampaikan sehingga perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia.

Karena itu beliau berharap dengan adanya Job Fair ini ketersediaan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan dapat terisi sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi pencari kerja, sehingga terjadai keseimbangan dimana pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan perusahaan pun mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.