Kampanye Jamban Hebat Kota Tasikmalaya (Jahe Asik)

2023-09-26 13:28:33

Tasikmalaya - Senin, 25 September 2023, dalam rangka menindaklanjuti kegiatan Jawara Open Defecation Free (ODF) Kota Tasikmalaya tahun 2023, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan SNV, Water.org, dan Kelompok Nawasena Berseka melaksanakan Kampanye Jamban Hebat Kota Tasikmalaya (Jahe Asik) di 11 Kelurahan.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 18 September 2023, dan merupakan rangkaian untuk mendukung 11 Kelurahan terpilih menjadi Kelurahan ODF dengan deklarasi ODF yaitu pernyataan dari kelurahan masyarakatnya telah stop BABS (buang air besar sembarangan).

11 Kelurahan tersebut antara lain: Kotabaru, Ciherang, Tamansari, Mulyasari, Sumelap, Kersanegara, Urug, Karsamenak, Cibunigeulis, Panyingkiran, dan Kahuripan.

Sebanyak 40 orang peserta pada masing-masing kelurahan diberikan pembekalan dan pengarahan terkait isu kesehatan lingkungan yang ada di Kota Tasikmalaya. Upaya mewujudkan sanitasi aman ini selain bertujuan menurunkan penyakit yang diakibatkan lingkungan yang kurang sehat, serta untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini pula diharapkan masyarakat dapat memiliki jamban dan tanki septik sesuai standar, dan memahami pentingnya pengelolaan limbah domestik dengan melakukan penyedotan tangki septik secara berkala 2-3 tahun sekali.