Karnaval Raudhatul Athfal Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Tasikmalaya

2023-09-21 15:14:37

Tasikmalaya- Kamis, 21 September 2023. Dilaksanakan acara Karnaval Raudhatul Athfal Pengurus Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kota Tasikmalaya. Di Lapangan Konser Asia Plaza Kota Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP, ME, Sekretaris Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya, Pj. Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Tasikmalaya, Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Ketua IGRA Kota Tasikmalaya, dan tamu lainnya.

Diketahui hari ini ada sekitar 6000 anak yang mengikuti karnaval. Semua anak mengekspresikan dirinya dengan menggunakan pakaian terbaiknya.

Program ini merupakan pengembangan anak usia dini dan masuk dalam prioritas Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tujuan nomor empat, Pendidikan Berkualitas. Prioritas SDGs nomor empat yaitu semua anak memperoleh akses terhadap layanan pengembangan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas serta pendidikan prasekolah sebagai persiapan masuk ke pendidikan dasar. Dalam meningkatan kualitas pendidikan anak usia dini tidak bisa hanya dilakukan sendiri-sendiri baik dari kami pemerintah daerah maupun orang tua, melainkan perlu kerja sama yang inklusif dengan berbagai pihak.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 adalah mewujudkan Indonesia Emas. Tahun 2045 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu usia produktif lebih banyak. Melalui program Pendidikan yang berkualitas, berkeadilan, berkesetaraan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, diharapkan bisa mencapai Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang atau tepat saat Indonesia berusia 100 tahun.

Kegiatan karnaval ini juga untuk menumbuh kembangkan minat seni budaya kepada anak-anak. Hal ini penting karena pendidikan seni bagi anak usia dini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ekspresi, komunikasi, pengembangan bakat dan kreativitas anak, melalui pendidikan seni bagi anak, maka dalam diri anak akan tumbuh kemampuan memahami lingkungan dan kondisinya serta nilai-nilai estetika yang merupakan hal yang sangat penting bagi anak kelak ketika anak tumbuh besar dan berada di lingkungan masyarakat.

Pj. Wali Kota Tasikmalaya berharap denga adanya kegiatan ini semoga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjalin silaturahmi antar sekolah.