Rapat Evaluasi Gerakan Tasik Bersedekah

2023-09-15 08:18:12

Tasikmalaya-Kamis, 14 September 2023 dilaksanakan Rapat Evaluasi Gerakan Tasik Bersedekah Tahun 2023 yang bertempat di Aula Bale Kota Tasikmalaya.

Rapat ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Ketua BAZNAS Kota Tasikmalaya beserta jajarannya, dan berbagai perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kota Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

Program tasik bersedekah adalah salah satu program yang digagas oleh Walikota Tasikmalaya sejak bulan juli 2014 yang lalu, bekerja sama dengan kementerian agama dan Baznas sebagai pelaksana. Program tasik bersedekah ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya.

Landasan hukum dalam pelaksanaan gerakan Tasik Bersedekah yaitu Keputusan Wali Kota Tasikmalaya Nomor 400/Kep-373- Bappeda/2014 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Tasik Bersedekah, dan Surat Edaran Walikota Tasikmalaya Nomor 466/2537/Bappeda tentang Program Tasik Bersedekah.

Sasaran pendistribusian Gerakan Tasik Bersedekah yaitu : Tasik Cerdas (bidang pendidikan), Tasik Sehat (bidang kesehatan), Tasik Sejahtera (bidang ekonomi), Tasik Berkarakter (bidang dakwah) dan Tasik Peduli (bidang sosial).

Ketua BAZNAS Kota Tasikmalaya menyampaikan capaian penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) per Agustus.

Dalam evaluasinya, Pj Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa dalam segi penyaluran ZIS sudah sangat baik sedangkan dalam segi penerimaannya bisa lebih ditingkatkan. Beliau juga menyarankan untuk membuat kegiatan dalam rangka mengingatkan dan mengajak untuk bersedekah.