Orientasi Komunikasi Perubahan Perilaku Menuju Sanitasi Aman Kota Tasikmalaya

2023-09-06 14:38:59

Tasikmalaya - Rabu, 6 September 2023, bertempat di Hotel Santika Kota Tasikmalaya, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan SNV menyelenggarakan Orientasi Komunikasi Perubahan Perilaku Menuju Sanitasi Aman Kota Tasikmalaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Jawara Open Defecation Free (ODF) tahun 2023, yang diresmikan pada awal bulan Agustus yang lalu.

Turut hadir Anggota Komisi V DPR-RI, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Kader dan Tenaga Sanitasi dari 11 Kelurahan terpilih, Perwakilan dari SNV, Water.org, Nawasena Berseka, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa permasalahan sanitasi bukan hanya tugas salah satu dinas saja, tetapi tugas bersama antara pemerintah dengan masyarakat, media, serta NGO. Untuk itu perlu kerjasama dari seluruh pihak agar Kota Tasikmalaya dapat mencapai target ODF.

Dalam keterangannya City Coordinator SNV Tasikmalaya menyampaikan bahwa penyelenggaraan orientasi komunikasi perubahan perilaku ini mengacu pada modul panduan pelatihan yang telah dikembangkan SNV bersama Konsultan Penala di Kota Tasikmalaya dengan penyesuaian sesi teori serta praktik lapangan. Selain keterampilan komunikasi perubahan perilaku, peserta orientasi juga perlu memahami pembiayaan alternatif sebagai solusi pendanaan sanitasi di tingkat rumah tangga.

Kegiatan Orientasi KPP Menuju Sanitasi Aman ini akan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 6-7 September 2023, dengan agenda pada hari kedua adalah praktik lapangan pemicuan dan sosialisasi di 11 kelurahan antara lain, Kotabaru, Ciherang, Kersanegara, Mulyasari, Sumelap, Tamansari, Kersamenak, Urug, Cibunigeulis, Panyingkiran, dan Kahuripan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mencetak promotor atau kader sanitasi aman yang terampil dan berkualitas sehingga dapat mendorong penyebaran informasi terkait perubahan perilaku hingga tingkat rumah tangga dan dapat berkontribusi pada capaian target ODF serta sanitasi aman Kota Tasikmalaya.