Kompetisi Inovasi Daerah Kota Tasikmalaya Tahun 2023

2023-08-28 16:09:01

Tasikmalaya- Senin, 28 Agustus 2023 dilaksanakan acara Pembukaan Kompetisi Inovasi Daerah Kota Tasikmalaya Tahun 2023. Di Aula Bapelitbangda Kota Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Tim Penilai/Juri, para Peserta Kompetisi Inovasi Daerah Kota Tasikmalaya, dan tamu lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa untuk mendorong daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri setiap tahunnya melakukan penilaian terhadap daerah yang melaksanakan inovasi daerah berdasarkan laoran dari kepala daerah (penilaian terhadap penerapan hasil inovasi menjadi dasar dalam memberikan penghargaan dan atau insentif bagi pemerintah daerah).

Salah satu ajang dalam memberikan apresiasi kepada daerah yang telah melakukan inovasi ialah Innovation Government Award (IGA) yang dilaksanakan oleh Kemendagri.

Kompetisi inovasi Kota Tasikmalaya (KITA) yang pada hari ini dilaksanakan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan Indeks Inovasi Daerah dengan menumbuhkembangkan budaya inovatif sekaligus mengapresiasi para innovator baik ASN, Perangkat Daerah maupun masyarakat Kota Tasikmalaya.

Selain meningkatkan indeks inovasi, kegiatan ini juga diharapkan mampu menghasilkan berbagai inovasi yang bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintahan sehingga mampu meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

Berbagai lomba inovasi diantaranya:

1. Innovation Government Award (IGA) dari Kemendagri

2. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dari Kemenpan RB

3. Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada kompetisi ini, Kota Tasikmalya tahun ini terdapat 33 proposal inovasi yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Selanjutanya akan dipresentasikan oleh innovator dan akan dinilai oleh tim juri.